Rabu, 24 April 2013

Obrolan siang di Kampus



Suasana siang di sebuah ruang tunggu dosen aku dan beberapa teman sedang menunggu dosen pembimbing Ibu Salamah. Awalnya aku dan nanda yang datang kemudian satu persatu  teman yang lain datang dengan satu alasan yaitu mencari dosen pembimbing yang sama. Disela-sela penantian kami yang sangat luar biasa itu, anak-anak mulai bercerita perihal pengalaman penelitiannya.


Aku bercerita tentang anak fisiologi tumbuhan dulu yaa, pertama cerita dari si A “Lona kamu penelitian tentang apa, limbah kataku. Oh limbah cair apa padat trus tanamannya apa ??, limbah cair, lona pakek seledri. Kalo aku tanaman yang dipakai selada, wah lumayan susah e  selada, soal’y tanamannya tumbuh di daerah yang lembab jadi aku penelitian menanam di daerah Kalasan di kost temenku, soal’y klo di Wonosari panas takutnya seladaku gak tumbuh. Trus untuk perlakuan penyiraman gmn dong kamu ?,tanyaku. Aku minta tolong temen untuk nyiram selagi klo aku gak disana, tapi aku jg sering nginep dsna kok sekalian bawa makanan, hitung-hitung biaya selama nginep dsna, hehehe..


Pengalaman temenku yang satunya lagi si Puji, awal obrolan aku tanya “Puji ngapain ke kampus mau ketemu Buk Salamah po, perlu apa ? mau ngumpulin revisi’an skripsi dan data penelitian lona. Emg penelitiannya sudah selesai ? sudah, aku udah panen malah. Tanamannya nanam di mana ? di rumah Pakde ku di Muntilan. Jadi setiap satu minggu sekali selalu bolak-balik Jogja-Muntilan untuk ngukur tumbuh tanaman, penyiraman dan pemeliharaan, sesuatu dan lumayan capek lona, tp Alhmadulliah sudah kelar.. Wah, mana hasilnya, cobain la.. ada dirumah pakde, tapi aku aja belum sempet makan Oyongnya, hehehe


Pengalaman yang lainnya lagi dari anak fisiologi hewan, namanya Bagus. Mula-mula dia cerita “Akhirnya besok kamis aku seminar jg, udah puyeng bolak-balik ngurusin untuk seminar, bolak-balik fotocopy berkas, kurang berkasnya balik lagi....  Aku revisi proposal sampek 3 kali, revisi pertama tau gak aku bab I latar belakang salah total... disuruh ganti sm pembimbingku  Buk Trianik, mana klo sm Buk Trianik cari sitasi harus diatas tahun 2000, gak boleh dibawah itu. Padahal klo untuk kandungan-kandungan senyawa itu banyaknya di sitasi lama, Waduuhh... puyeng aku, tapi uji pendahuluanku lebih sesuatu bged... masa’ saat perlakuan hewanku mati semua gara-gara larutan terlalu pekat, ngulang lagi. Haaaa....” Denger ceritanya Bagus aku sama Nanda cm ketawa.


Satu jam berlalu, dua jam tertinggal, tiga jam membosankan, tiga jam setengah hampir memutuskan untuk pulang dan akhirnya penantian kita tidak sia-sia. Dosen pembimbing datang dari tangga bawah tepat dimana kami menunggu dengan wajah sumringahnya, dia mulai melayani mahasiswa satu persatu, yang mana masing-masing memiliki urusan dan keluhan yang beraneka ragam tentang skrispi.. Mereka antri sesuai lama waktu menunggu, hehehehe

Tiga kisah temen-temen diatas baru sebagian dari pengalaman teman-teman angkatanku, pengalaman haru biru, suka duka menyelesaikan skripsi. Dan kisahku baru akan dimulai...........


SEMANGAT dan selamat berjuang untuk p.Bio A-B angkatan 2009. Bless you...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar