Senin, 18 November 2013

Konsep Personal Manusia

Pasca wisuda, ada penambahan gelar di belakang nama menjadi S.Pd (Sarjana Pendidikan) membuat saya harus introspeksi apakah pantas untuk menjadi seorang pendidik atau ahli pendidikan ?, yang pantas di bayar mahal/besar setelah mendapat gelar ini ?, yang pantas di bayar mahal/besar sesuai dengan potensi dan kinerja saya di dunia kerja ?.. Pertanyaan-pertanyaan itu masih di dalam benak.

Pasca wisuda, untuk pengetahuan dan pembekalan bagi para wisudawan/i yang telah di wisudakan kemarin, kampus saya menyelenggarakan seminar yang bertajuk mengenai  "Orientasi Lamaran Pekerjaan" yang menjadi narasumber adalah seorang HRD di suatu perusahaan ternama di Jakarta, bernama Ibu Wina. "HRD" yang pasti sudah ketahuan yaa jika dia seseorang yang biasa dan ahli dalam menyaring para pelamar pekerjaan hehehe dan ia lah narsumber pada seminar senin siang ini.


Materi dari seminar ini sama halnya dengan pengetahuan orang awam umumnya, yaitu menjelaskan tentang mekanisme/prosedur yang harus dilakukan ketika melamar pekerjaan, di mulai dari membuat surat lamaran, melengkapi syarat-syarat yang di butuhkan, curiculum vitae, interview dan lain-lain. Bedanya materi ini di praktekkan langsung bagaimana cara membuat curiculum vitae yang baik dan benar serta tidak lupa juga dijelaskan cara inetrview yang baik dan nyaman, agar tidak nervous hehehe karena mimik dan ucapan berpengaruh. Sungguh, Ilmu yang bermanfaat sekali siang ini...


Ada satu materi menarik yang saya pahami ketika mengikuti seminar ini, yaitu mengenai Konsep Personal Manusia.  Ada 4 konsep personal yang dimiliki setiap manusia, namun dari keempat konsep tersebut ada salah satu yang lebih dominan dimiliki. Keempat konsep tersebut yaitu :

Pertama, Dominan. Ciri manusia yang memiliki konsep dominan ini adalah keras kepala, selalu ingin menjadi seorang Leader, berfikir logis. Berdasarkan konsep tersebut manusia ini cocok bekerja sebagai Militer.

Kedua, Intim (Extroversion). Ciri manusia yang memiliki konsep intim adalah bersahabat, anak yang paling heboh, komunikasi baik, nyaman, update info, nyambung diajak ngobrol. Berdasarkan konsep tersebut manusia ini cocok bekerja sebagai Marketing.

Ketiga, Stabil. Ciri manusia yang memiliki konsep stabil adalah dia lebih cenderung tenang, kalem, tidak banyak bergaul. Keunggulan dari konsep stabil ini mereka lebih teliti, cermat, rajin dan bertanggung jawab, sangat cocok sekali bekerja di bidang IT.

Keempat, Cermat. Ciri manusia yang memiliki konsep cermat ini adalah dia seorang yang pendiam dan pandai bergaul. Keunggulan dari konsep cermat ini mereka suka menghitung, karena semua dicermati betul kurang dan lebihnya maka cocok sekali bekerja sebagai Accounting.


Berdasarkan keempat konsep personal manusia diatas hanya sebagian kecil yang dapat dicontohkan. Seperti diketahui, manusia memiliki karaker yang berbeda, ada yang memilih bekerja dengan orang lain/instansi yang berarti dia seorang karyawan, ada pula yang memilih jalan hidup untuk bekerja sendiri yang dinamakan pengusaha/pembisnis. Ada yang bekerja sesuai dengan skill dan potensi, tapi  ada juga yang bekerja tidak sesuai skill atau basic ilmunya, semua itu pilihan. Menurut saya, pekerjaan  itu bisa menjadi profesi seseorang tetapi bekerja adalah tuntutan, maka pilihlah pekerjaan yang membuat  nyaman, sesuai dengan karakater, potensi dan basic ilmu anda. Kesimpulannya bahwa "Kepribadian itu menentukan Pekerjaan"



Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar